BBM : D55 CB 98A
WA : 0853 2023 77xx
info@frosid.com

Wawancara dengan Joko Susilo,ST



Jika anda berencana untuk serius memulai bisnis di Internet, silakan simak wawancara dengan Pak Joko Susilo, ST berikut ini. Anda akan menemukan banyak pengetahuan berharga yang akan membuka wawasan anda terhadap besarnya peluang yang diberikan Internet untuk kehidupan finansial anda.

Kita akan simak bagaimana Pak Joko bisa merintis dan menjalankan usaha online secara berhasil. Selamat membaca…

  1. Pak Joko, bisa anda ceritakan latar belakang anda?
  2. Nama saya Joko Susilo, ST. Usia saya 32 tahun, agama Islam, sudah menikah dan punya satu anak. Saya lulusan Arsitektur Universitas Diponegoro Semarang tahun 1999. Nilai prestasi saya cukup memuaskan dan saya aktif di organisasi kampus saat itu.

    Sesuai dengan bidang ilmu saya, dulu saya pernah bekerja di perusahaan konstruksi dan pernah juga bersama teman membangun konsultan arsitektur. Tapi karena minat saya terhadap dunia baru bernama Internet semakin besar, maka saya meninggalkan kesibukan di dunia arsitektur dan mulai menekuni bidang bisnis ini, Internet Marketing.

  3. Jadi sebenarnya anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan TI?
  4. Iya benar, saya tidak memiliki latar belakang teknologi informasi sedikitpun. Saya hanya bisa mengetik dan mengakses Internet. Sama seperti kemampuan orang lain seusia saya pada umumnya.

    Sebelumnya, sebagai seorang lulusan arsitektur, yang ada di dalam pikiran saya hanyalah bagaimana cara mendesain rumah dengan indah dan kemudian membangunnya. Saya bahkan punya impian membangun rumah saya sendiri dengan ilmu yang sudah saya pelajari selama 5 tahun di bangku kuliah.

    Namun entah bagaimana, saya bisa jatuh hati dengan bisnis Internet. Tidak pernah sekalipun dalam masa lima tahun saya belajar di bangku kuliah, memikirkan untuk terjun di dunia Internet.

    Sekedar informasi, saya baru bisa mengoperasikan Internet satu tahun setelah saya diwisuda!

  5. Bagaimana ceritanya sampai anda bisa memulai bisnis online?
  6. Awal tahun 2001 saya mulai mengenal Internet dan mulai mempelajari cara menggunakannya. Kesibukan saya waktu itu adalah mencari informasi tentang peluang usaha… bukan peluang kerja (sejak awal saya memang tidak berminat bekerja untuk orang lain).

    Saya menemukan sebuah website asing yang memuat beberapa kisah sukses anak-anak muda Amerika dalam menghasilkan uang dari Internet. Saya pun juga menemukan begitu banyak bisnis yang mulai berkembang jauh lebih pesat setelah menggunakan Internet sebagai media pemasaran. Bahkan yang lebih menarik, kebanyakan dari mereka menjadi kaya hanya dengan menjual informasi melalui Internet.

    Setelah membaca berbagai success stories, artikel dan apapun yang berkaitan dengan bisnis online, saya kemudian memantapkan dalam hati… “Akhirnya aku temukan jalan!“. Saya memutuskan untuk terjun di dunia Internet Marketing dan mulai mengembangkan kreativitas saya yang terpendam. Minggu itu juga saya mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan di kontraktor.

    Internet inilah yang membuat saya berani keluar dari kondisi “aman” dan terjun di dunia ini. Saya pikir, jika mereka di luar sana bisa membangun bisnis di Internet dan menghasilkan uang darinya, maka tentu saya juga bisa! Saat itulah saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan mapan dan mulai menggeluti dunia Internet.

    Padahal saat itupun saya belum bisa membuat email!

  7. Apakah anda langsung menghasilkan profit?
  8. Tentu tidak, tapi pelan-pelan. Dalam bulan-bulan awal, penghasilan saya dari Internet hanya sekitar 25-50 ribu rupiah per hari. Buat saya tidak masalah karena uang itu bisa saya gunakan untuk biaya operasional merintis usaha di bidang ini.

    Saya bahkan berani cerita ke orang lain, bahwa suatu saat saya akan memiliki uang melimpah dari Internet. Saya cerita ke teman-teman, dan mereka tertawa. Mereka menganggap saya gila. Saya cerita ke orang tua, mereka malah sedih. Mungkin beliau berpikir, “Apa yang sudah aku ajarkan ke anakku, sampai anak ini jadi keras kepala seperti ini?“

  9. Mereka pasti sulit mengerti jalan pemikiran anda saat itu, bukan begitu?
  10. Iya benar!

    Apalagi saat teman-teman saya bertanya, cara apa yang akan saya lakukan untuk menghasilkan uang dari Internet? Lalu saya menjawab, “Menjual informasi!“.

    GUBRAK!!... tidak ada sedikitpun reaksi dari mereka yang bisa memberi saya semangat. Kebanyakan dari mereka malah mencoba melemahkan semangat saya. Banyak yang kaget, ada yang diem aja, ada yang tertawa malah ada yang mengelus dada, menahan kesabaran dengan penuh rasa kasihan.

    “Menjual informasi?“

    “Apa kamu sudah pernah melihat kisah sukses orang yang jualan informasi?“

    “Di Internet? Emangnya ada berapa orang di Indonesia yang bisa mengakses Internet?“ dan semua pertanyaan lain yang berasal dari keraguan.

    Di tengah lingkungan yang skeptis seperti itu saya tetap berjalan. Saya berada dalam masa pencarian yang cukup panjang. Selama 10 bulan saya menekuni internet, saya terus mencari cara apa yang tepat, yang bisa saya terapkan untuk menghasilkan uang melalui Internet.

    Sampai pada suatu saat saya menemukan satu metode sederhana yang mengubah kehidupan bisnis Internet saya secara drastis. Saya beri nama metode itu Sistem Mesin Uang Otomatis atau SMUO.

  11. Menarik sekali, lalu bagaimana perkembangan bisnis anda sekarang?
  12. Setelah menerapkan metode SMUO, tahun pertama saya memiliki penghasilan rata-rata 10 juta per bulan, tahun kedua 20 juta, tahun ke empat 25 juta, dan tahun-tahun sekarang saya memiliki penghasilan paling tidak Rp 75 juta per bulan. Saya kerja ataupun tidak, akan tetap ada saja orang entah dari mana yang mengirimi saya uang. Ini sudah berjalan selama enam tahun.

    Saya bilang ke teman-teman yang dulu, bahwa saya sudah berhasil meraih sebagian impian saya. Teman-teman yang dulu pernah tertawa pun terdiam. Mereka sekarang tahu, dari mana Joko bisa membeli ini dan itu, mengapa sampai sekarang si Joko tenang-tenang saja, tidak ”cari kerja‘ sementara temannya yang lain sibuk dengan pekerjaan hariannya.

  13. Saya melihat banyak orang yang ingin memulai bisnis di Internet namun mengurungkan niatnya karena perasaan tidak mampu. Bisa anda jelaskan mengenai hal ini?
  14. Ya, itu karena di dalam pikiran mereka masih tertanam pemahaman yang keliru mengenai Internet. Mereka masih mempercayai mitos-mitos menyesatkan tentang Internet. Karena pemahaman tersebutlah, akibatnya mereka tidak berani melirik Internet sebagai lahan baru untuk membangun bisnis.

  15. Apa saja mitos menyesatkan yang anda maksud?
  16. Berikut 5 Mitos Menyesatkan itu dan fakta sebenarnya:
    • Mitos Internet #1: Saya Harus Menjadi atau Menyewa Webmaster Agar Bisa Menjalankan Bisnis di Internet.
    • Anggapan ini sangat menyesatkan, yang membuat sebagian besar orang tidak berani melirik bisnis di Internet.

      FAKTA: Saya, seorang lulusan Arsitektur tanpa pengetahuan Teknologi Informasi sekalipun, bisa membangun bisnis di Internet dengan sukses.

    • Mitos Internet #2: Saya Harus Punya Uang Banyak Untuk Menjalankan Bisnis di Internet.
    • Tidak, itu salah! Walaupun anda membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis di Internet, jumlah yang anda perlukan tidak sebesar bisnis di luar sana.

      FAKTA: Saya memulai bisnis online hanya dengan modal Rp 350.000,- tidak lebih! Saya kembangkan uang itu, dari waktu ke waktu hingga menghasilkan 1,7 milyar lebih sampai hari ini. Bisnis apa yang bisa anda lakukan di dunia offline hanya dengan modal Rp 350.000,- dan menghasilkan 5000 kali lipat dalam waktu 5 tahun?

    • Mitos Internet #3: Saya Harus Memiliki Daftar Nama yang Panjang Agar Bisa Sukses.
    • Saya koreksi, anda memang harus membangun relasi agar bisa sukses di dalam bisnis, karena disitulah letak uang berada. Tapi relasi bisa anda bangun sambil anda menjalankan bisnis ini.

      FAKTA: Saya memulai bisnis dengan memperkenalkan produk saya ke 54 relasi, dan bersamaan dengan berkembangnya bisnis… saat ini saya memiliki lebih dari 90.000 daftar nama relasi yang bersedia menerima informasi bisnis apa saja dari saya.

    • Mitos Internet #4: Saya Harus Memiliki Produk Sendiri.
    • Salah. Anda memang butuh produk untuk memulai bisnis, tapi itu tidak harus produk yang anda ciptakan sendiri.

      FAKTA: Banyak orang, termasuk saya, menghasilkan income tambahan hanyadengan menjual produk ciptaan orang lain dan 100% profit jadi milik saya. Anda akan tahu bagaimana caranya.

    • Mitos Internet #5: Memulai dan Membangun Bisnis di Internet Itu Membingungkan.
    • Ya, membangun bisnis akan sangat membingungkan jika anda membuatnya jadi rumit. Terlalu banyak informasi di Internet justru akan membuat anda pusing. Cukup putuskan satu sumber informasi, jadikan pemandu, fokus, maka anda akan jauh lebih cepat menuju sukses.

      FAKTA: Bisnis di Internet tidak sulit. Yang penting anda memiliki rencana yang jelas dan panduan bermutu yang akan menuntun anda. Di FormulaBisnis.com anda akan menemukan panduan langkah demi langkah untuk membuat bisnis anda sukses.

      Jika anda ingin memulai bisnis di Internet, maka anda harus benar-benar memulai dengan pemikiran yang benar. Hilangkan 6 keyakinan keliru tersebut dan tanamkan keyakinan positif terhadap bidang bisnis yang akan anda geluti.

  17. Saya penasaran, bagaimana anda bisa begitu yakin Internet bisa mendatangkan uang?
  18. Pertama, dari membaca kisah sukses dari mereka yang telah berhasil membangun bisnis di Internet. Saya membaca banyak sekali kisah sukses yang menggetarkan hati.

    Contohnya, bagaimana seorang bekas sopir truk bisa memiliki bisnis di Internet dengan penghasilan puluhan ribu dollar setiap bulan. Bagaimana seorang remaja berumur 17 tahun berhasil memiliki kerajaan bisnis sendiri hanya dengan menggunakan Internet. Bagaimana dua orang remaja membangun bisnis internet dari garasi, dan akhirnya dia sekarang memiliki bisnis mantap yang menghasilkan US jutaan dollar per bulan.

    Saya juga terkesima saat tahu seorang ibu rumah tangga, yang pada awalnya tanpa basic komputer dan internet sekalipun, mengelola bisnis hanya dari kamarnya dan sekarang menghasilkan income puluhan ribu dollar per bulan.

    Semua terjadi di luar sana, tapi belum ada di Indonesia. Saya berpikir jika mereka bisa, tentu saya juga bisa.

    Kedua, Internet itu sebenarnya adalah media komunikasi. Di dalam media komunikasi, kita bisa menyampaikan pesan pemasaran dan menjual produk kita. Sungguh, tidak peduli anda menggunakan media apa, selama kita bisa saling berkomunikasi, entah itu dengan media surat kabar, radio, televisi, atau bahkan Internet… anda bisa memanfaatkan media tersebut untuk melakukan bisnis.

    Namun bedanya Internet dengan media lain adalah dia super murah, super cepat, dan super praktis. Sebagian besar kesulitan pemasaran yang biasanya dialami oleh pebisnis konvensional tidak akan ditemukan jika menggunakan media internet.

    Ketiga, yaitu hukum kebutuhan. Jika kita bisa mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan sekelompok masyarakat, apa problem mereka, dan kita memberikan solusinya… maka kita tentu bisa menghasilkan uang. Dan media Internetlah yang membantu proses transaksi supply dan demand.

  19. Pak Joko, bisa jelaskan tentang FormulaBisnis.com anda?
  20. Ya, FormulaBisnis.com adalah website yang paling saya banggakan dan menjadi andalan. Website ini sudah saya bangun sejak tahun 2001 dan secara mantap menghasilkan profit tanpa henti, terus menerus, tidak peduli saya sedang kerja atau tidur.

    Di FormulaBisnis.com saya menjual informasi berupa eBook Panduan Bisnis Internet. Saya memberi nama eBook tersebut Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO).

    Saya tidak bemaksud terlalu berbangga hati, tapi sungguh… ramainya bisnis online di Indonesia saat ini merupakan sumbangan besar dari FormulaBisnis.com. Sudah ribuan orang dibimbing selangkah demi selangkah bagaimana mereka bisa membangun bisnis di Internet dengan menjual informasi. Sudah ratusan website baru muncul, dengan topik informasi mereka masing-masing, mengikuti panduan yang saya arahkan dalam SMUO.

    Bukan basa-basi, FormulaBisnis.comlah yang menjadi pioneer dan membangkitkan minat dan semangat bisnis Internet bagi masyarakat Indonesia.

  21. Siapa target market anda?
  22. Yang menjadi target saya adalah:

    Siapa saja yang ingin meningkatkan kondisi finansial mereka. Siapa saja yang baru bisa mengakses Internet namun punya minat untuk menghasilkan uang. Siapa saja yang sudah mahir di Internet tapi kegiatan mereka selama ini belum memberikan hasil. Siapa saja yang belum bekerja dan ingin membuka bisnis sendiri. Siapa saja yang sudah bosan dengan pekerjaan rutin dan ingin mencari alternatif penghasilan lain. Dan masih banyak lagi.

    Intinya target market FormulaBisnis.com besar sekali.

  23. Bagaimana konsep bisnis anda di Internet?
  24. Saya menjual informasi melalui Internet. Sangat sederhana. Jika anda bingung dengan maksud menjual informasi, bisa saya bilang konsep bisnis saya adalah jualan buku, namun menyesuaikan dengan “karakter Internet“.

  25. Maksudnya bagaimana?
  26. Begini saya jelaskan…

    Jika anda biasanya membeli buku, apa yang sebenarnya anda beli? Bukunya atau informasinya? Tentu saja informasinya, bukan? Nah di konsep bisnis saya sama seperti itu, saya jualan informasi, tapi bentuknya bukan berupa buku, melainkan eBook.

    eBook adalah buku elektronik yang berwujud file digital yang bisa ditransfer dan didownload dari satu komputer ke komputer lain melalui media Internet. Artikel yang anda baca saat ini juga termasuk eBook dalam format PDF.

  27. Kenapa anda memilih menjual informasi sebagai konsep bisnis di Internet?
  28. Terus terang, menjual informasi di Internet telah menjadi profesi utama saya selama beberapa tahun terakhir. Selama beberapa waktu saya menggeluti bidang bisnis Internet ini, saya temukan banyak sekali keunggulan yang dimilikinya dibandingkan dengan bisnis konvensional bentuk apapun.

    Berikut daftar keunggulan memiliki bisnis menjual informasi di Internet:
    • Modal yang anda perlukan sangat kecil. Relatif kecil dibandingkan bisnis konvensional apapun.
    • Anda tidak membutuhkan inventaris mahal, cukup dengan satu komputer yang terkoneksi Internet, meja, kursi, dan sebuah buku tulis. Dengan komputer yang anda miliki sekarang, dengan beberapa aplikasi dasar, anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.
    • Produk informasi mudah diproduksi dan diperbanyak. Sebanyak apapun anda ingin menggandakan produk ini, bisa dilakukan dalam hitungan detik.
    • Profit bersih mencapai 100%. Anda tidak membutuhkan biaya untuk produksi, pengiriman produk ataupun membayar pegawai. Semua nilai pemasukan adalah keuntungan anda.
    • Pengiriman produk ke konsumen secepat kilat. Tidak membutuhkan waktu berhari¬hari untuk menunggu pengiriman.
    • Waktu operasional jauh lebih sedikit. Anda tidak perlu menggunakan 8 jam dalam sehari jika anda tidak suka. Cukup gunakan 1¬2 jam per hari untuk mengurusi bisnis ini.
    • Bisnis anda bisa berjalan dengan otomatis. Dari melakukan pemasaran, sampai anda harus mengirim pemesanan, hampir seluruhnya bisa dilakukan secara otomatis.
    • Bisa anda operasikan sendiri. Karena seluruh sistem telah dipersiapkan untuk berjalan secara otomatis, tugas kerja anda menjadi semakin sedikit. Artinya, anda bisa lakukan bisnis ini tanpa perlu merekrut pegawai.
    • Anda memegang kontrol sepenuhnya. Anda bisa mengendalikan bisnis ini tanpa campur tangan birokrasi dan gangguan dari orang lain.
    • Bisa dioperasikan dari mana saja. Di manapun anda berada, yang dibutuhkan hanyalah akses Internet untuk menjalankan bisnis anda.
    • Bisa anda jalankan kapan saja. Jika anda harus ”bekerja paksa‘ di siang hari, anda bisa jalankan bisnis ini saat malam hari.

    Perhatikanlah satu persatu. Jika saat ini anda sedang menjalankan bisnis konvensional, atau jika saat ini anda sedang terperangkap dalam roda pekerjaan yang membosankan, temukan berapa keunggulan di atas yang masih dimiliki oleh bisnis atau pekerjaan konvensional anda!

  29. Berapa lama waktu yang anda perlukan untuk membuat produk informasi dan menjualnya?
  30. Saat saya memulai FormulaBisnis.com, saya memerlukan waktu 7 hari untuk membuat produk dan merancang website. Saat itu informasi yang saya jual adalah bagaimana cara menghasilkan uang dengan menjadi reseller produk orang lain. Materi informasinya tidak banyak, hanya 10 halaman. Namun nilai manfaat yang diberikan oleh informasi tersebut sangat besar.

    Jika anda melihat website FormulaBisnis saya dulu pada tahun 2001, pasti anda mengira website itu dibuat oleh seorang amatiran. Websitenya sangat sederhana, latar belakang berwarna hijau, dengan tulisan penawaran apa adanya. Namun saya menemukan, dari kesederhanaan tersebut saya menghasilkan income yang melimpah. Lagi pula, dari proses perjalanan tersebut saya belajar banyak hal dalam bisnis sehingga bisa menjalankan bisnis internet lebih baik lagi.

    Sekarang materi produk FormulaBisnis.com mengalami perubahan total dan nilai manfaat yang akan diterima oleh customer jauh lebih besar. Panduan langkah demi langkah sebanyak 170 halaman yang secara detail membimbing siapa saja yang ingin memulai bisnis di Internet. Belum termasuk bonus berharga yang saya sertakan di dalamnya.

  31. Sejak kapan FormulaBisnis mulai mendatangkan profit?
  32. FormulaBisnis.com mendatangkan profit sejak hari pertama website ini diluncurkan. Dalam 7 hari, pemasukan mencapai hampir 7 juta. Saat itupun saya masih tidak percaya ini benar-benar terjadi.

    Namun, saya tidak ingin profit yang datang melalui FormulaBisnis hanyalah profit sesaat. Saya ingin membangun kerajaan bisnis di Internet, bukan hanya sekedar menghasilkan uang untuk menyambung hidup.

    Seiring dengan berjalannya waktu saya meng-update dan memperbaiki materi dan website FormulaBisnis. Saya perbaiki sistemnya, saya pelajari bagian mana yang perlu di benahi, saya tes, saya ukur, akhirnya semakin lama FormulaBisnis berjalan, profit setiap bulan semakin besar.

  33. Apakah konsep menjual informasi anda langsung diterima oleh sasaran?
  34. Saya sempat ragu saat website saya sudah siap untuk dipromosikan. Walaupun yakin, masih ada terbesit keraguan, “Apakah di Indonesia cara ini bisa jalan?“. Setelah saya promosikan, di hari pertama, kedua, sampai ke tujuh… secara menakjubkan rekening dibanjiri transfer dari orang lain. Hampir 7 juta saya terima dalam tujuh hari, tanpa keluar kamar, tanpa bertemu muka dengan orang dan tanpa rasa capek sedikitpun.

    Luar biasa… saya merasa ini sulit dipercaya. Namun begitulah adanya. Setiap saya refresh halaman klikBCA, selalu saya temukan daftar transaksi baru masuk ke rekening. Sejak saat itu saya semakin yakin dengan kekuatan Internet dan ingin membuat bisnis internet sebagai bidang utama saya, darah daging saya, bukan hanya sekedar penghasil uang.

  35. Sarana akses Internet apa yang anda gunakan saat memulai bisnis di Internet?
  36. Pada awal saya memulai bisnis di Internet, saya hanya menggunakan warnet untuk untuk akses. Saya tinggal di Semarang, dan saat itu masih bujang. Saya sampai hapal warnet mana saja di Semarang yang bagus, mana yang cepat aksesnya, mana yang lelet. Saya juga hapal, di mana warnet yang pegawainya cantik-cantik.

    Saya pernah gunakan Telkomnet (akses dari telepon rumah) namun sangat terbatas pemakaiannya mengingat biayanya yang cukup mahal. Saya hanya gunakan jika benar-benar mendesak.

    Saya juga pernah bekerja sama dengan pihak warnet tertentu dengan cara membayar bulanan, saya diberikan ruangan khusus dan jam akses tak terbatas. Konsekuensinya, warnet itu menjadi kantor saya.

    Setelah teknologi koneksi Internet semakin maju, sekarang untuk akses saya gunakan Handphone CDMA (StarOne), akses tanpa batas, hanya dengan biaya Rp 250.000,- per bulan. Keuntungan jenis koneksi ini adalah saya bisa sangat mobile dan murah.

    Saya bisa akses dari mana saja. Bahkan saat saya naik kereta api, saat menunggu istri di kampus, saya bisa bawa laptop dan akses Internet tanpa membuang waktu dengan percuma.

  37. Bagaimana dulu anda mengerjakan bisnis jika hanya menggunakan warnet?
  38. Cara kerja saya begini, sebelum saya gunakan warnet, saya tentukan dulu apa yang ingin saya cari. Misal, saya ingin mencari informasi tentang cara membuat website. Setelah saya tiba dan akses di warnet, saya cari sebanyak mungkin informasi tentang bagaimana cara membangun website. Lalu saya pilih yang paling baik penjelasannya, dan tentu saja paling lengkap. Setelah itu saya simpan ke dalam disket.

    Saya pulang ke rumah, lalu melanjutkan proses pembelajaran melalui komputer di rumah. Kebetulan saya sudah memiliki PC di rumah.

    Pesan saya untuk anda yang menggunakan warnet untuk bisnis online, jangan lakukan kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh para pengguna Internet.

    Sebagian besar pengguna Internet tidak memiliki tujuan yang terarah untuk apa mereka mengakses Internet. Mereka meloncat ke sana ke mari, mengklik link ini dan itu, sampai waktu habis dan mereka tidak mendapatkan apa-apa. Saya pernah melakukan kesalahan semacam ini dan percayalah, anda akan rugi banyak waktu dan biaya.

    Tentukan dulu apa yang ingin anda cari. Patuh pada rencana anda, simpan informasi yang anda cari, lalu cabut!

  39. Apakah anda punya pengalaman menarik soal ini?
  40. Saya sering terpedaya oleh melimpahnya informasi di Internet. Rasanya seperti semacam candu bagi saya. Sekali saya akses Internet, saya akan asyik dengan banyaknya informasi baru mengenai bisnis online. Akhirnya, waktu tidak terasa telah beranjak sore. Biaya akses di warnet tak terasa membengkak. Saya tidak dapat apa-apa selain perasaan bingung… informasi mana yang akan saya ambil?

    Tapi itu dulu, sekarang setiap menit yang saya gunakan untuk akses di Internet, melalui warnet ataupun di komputer sendiri, saya selalu menentukan batasan. Dengan begini pekerjaan kita bisa jadi lebih efektif dan efesien.

  41. Apakah anda sendiri yang membangun dan mendesain website anda?
  42. Iya saya sendiri yang membangun dan merancang website. Termasuk menulis sales letter (surat penawaran) dan desain webnya. Untuk membuat website saya interaktif sehingga bisa bekerja seperti sekarang ini, saya meminta bantuan seorang rekan untuk merancangnya.

    Dulu pertama kali merancang web, saya menggunakan program Microsot Frontpage. Program ini biasanya sudah jadi satu dengan paket Microsoft Office. Pada awalnya cara pemakaian Frontpage agak membingungkan, tapi setelah mempelajari selama beberapa jam saya langsung mengerti bahwa sebagian besar cara pengoperasian Frontpage mirip dengan Microsoft Word.

    Sekarang saya menggunakan dua program, yaitu Frontpage dan Dreamweaver MX. Dengan Dreamweaver kita bisa desain web dengan lebih canggih dan interaktif.

  43. Mengapa anda tidak menggunakan jasa perancang web (web designer?)
  44. Tidak, karena ada beberapa alasan:

    Pertama, membuat website tidak sesulit yang kita kira. Sebenarnya, jika kita mau belajar sedikit, kita sudah bisa merancang website apapun sesuai keinginan kita.

    Kedua, website yang saya buat di FormulaBisnis termasuk sederhana. Anda tidak melihat desain flash, gambar teknikal dan sebagainya yang cukup rumit. Karena hal-hal seperti itu sebenarnya tidak diperlukan jika anda ingin menjual sesuatu melalui website.

    Jika tujuan saya membuat website adalah menjual produk, maka apapun yang saya letakkan di website tersebut harus bertujuan untuk menjual produk saya. Bukan untuk pamer flash, pamer gambar, atau yang lainnya. Website saya harus mengikuti aturan direct selling. Mereka datang, mereka subscribe, mereka beli, lalu mereka pergi. Website seperti ini saya sebut website mini (minisite).

    Ketiga, jasa desainer website sebenarnya cukup mahal, bisa sekian juta per proyek. Lagipula, para desainer bukanlah orang yang mengerti betul mengenai produk anda selain diri anda sendiri. Saran saya, jangan gunakan jasa desainer atau perancang web, gunakan otak anda sendiri. Sungguh, dengan belajar sedikit anda sudah bisa menjadi webmaster cerdas.

  45. Berapa banyak pengunjung per hari yang datang ke website anda dan sebagian besar berasal dari mana?
  46. Jumlah pengunjung unik harian sekitar 5000 orang per hari. 40% dari hasil program reseller (bagi hasil), 35% dari search engine, 15% dari link luar, dan sisanya dari akses langsung.

  47. Apakah anda hanya menggunakan media Internet untuk mempromosikan website anda?
  48. Ya, saya hanya menggunakan media Internet untuk mempromosikan website saya. Sama sekali tidak ada kegiatan promosi offline dalam bisnis ini.

  49. Bagaimana cara anda berpromosi di Internet? Apakah dengan membayar jasa promosi atau yang lainnya?
  50. Saya mempromosikan website dengan cara gratis, tanpa keluar biaya sedikitpun. Salah satunya, saya menawarkan kerjasama bagi hasil, maksudnya saya persilakan para pembeli eBook untuk mempromosikan FormulaBisnis ke orang lain dan sebagai imbalannya saya kasih 50% dari setiap penjualan yang mereka hasilkan. Konsep ini dikenal sebagai viral marketing. Dari konsep viral marketing ini, sekarang saya memiliki puluhan ribu distributor FormulaBisnis dan ribuan distributor yang benar-benar aktif memasarkan FormulaBisnis.com. Saya tidak pernah promosi sejak bulan pertama berakhir. Sampai sekarang. Setiap pembeli baru di FormulaBisnis adalah calon distributor saya. Yang saya lakukan sekarang adalah lebih ke optimasi search engine. Mengupayakan agar website FormulaBisnis.com selalu meraih urutan pertama dalam hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu.

  51. Selain FormulaBisnis.com, apakah anda memiliki website lain?
  52. Iya, saya punya beberapa dan saya senang semuanya berjalan seperti rencana.

    Pertama website keanggotaan yang menawarkan informasi (software) trading di pasar Forex, nama situsnya www.StrategiForex.com. Nilai manfaat software ini begitu tinggi sehingga saya yakin yang ini akan memberi income terbesar bagi bisnis saya.

    Kemudian saya sedang dalam pengembangan proyek baru, namanya www.AsetVirtual.com. Merupakan program keanggotaan terbatas (paid membership) yang menyediakan informasi tentang berbagai aspek bisnis internet secara lebih mendetail, sangat-sangat mendetail. Saya akan kabari ke anda semua setelah proyek ini siap diluncurkan.

    Selain itu saya juga memiliki beberapa web servis yang bisa dimanfaatkan pengunjung secara gratis. Misalnya, www.Klikdisini.com yang merupakan web penyingkat alamat web. Dengan servis ini anda bisa mengubah alamat web yang panjang menjadi lebih singkat dan mudah diingat. Berikutnya adalah www.BlogJualBeli.com. Merupakan blog yang bisa anda pasangi iklan, seperti layaknya iklan baris tetapi menggunakan sistem blog. Anda bisa pasang iklan sepuasnya di sini.

    Dan website “baris depan” dari semua ini adalah blog www.JokoSusilo.com. Anda bisa temukan artikel-artikel berkualitas tinggi seputar internet marketing di mana anda bisa konsumsi secara gratis. Saya berani menjamin, setiap artikel yang saya posting di sana akan membawa satu manfaat penting untuk anda. Silakan kunjungi blog saya setiap hari, anda akan temukan satu artikel baru untuk anda konsumsi.

  53. Apakah sampai saat ini bisnis internet anda tetap mendatangkan profit secara mantap?
  54. Iya, tetap mantap dan semakin mantap dari waktu ke waktu, sejak tahun 2001 hingga hari ini. Dari 10 juta per bulan di saat awal, hingga mencapai 75 juta profit rata-rata per bulan akhir akhir ini.

  55. Bagaimana anda mengelola bisnis anda di internet?
  56. Pada awalnya seluruh tugas rutin saya jalankan sendiri. Misalnya menjawab email, melayani order, nerima telepon dan sebagainya. Tapi setelah bisnis berkembang menjadi besar, saya tidak sanggup lagi melakukan semuanya.

    Sejak beberapa bulan yang lalu saya mulai melepas semua kegiatan rutin itu dan mulai mendelegasikannya kepada pegawai.

    Saat ini yang saya lakukan adalah mencari ide baru, membangun aset baru, merancang konsepnya dan meminta orang lain untuk mengerjakannya untuk saya. Begitu seterusnya. Dengan begini saya bisa terus menambah penghasilan pasif setiap bulan.

    Saya juga menggunakan waktu produktif untuk menjalin kerjasama dengan pemilik web lain. Misalnya dalam hal promosi, peluncuran produk, penulisan materi produk dan sebagainya.

    Saya juga menyediakan waktu untuk mengikuti perkembangan informasi di internet (yang berkaitan dengan dunia bisnis saya) guna memperdalam pengetahuan saya di bidang ini. Internet itu bergerak cepat, teknologi baru datang hanya dalam hitungan hari. Saya tidak akan tahu trend apa yang terjadi hari ini jika saya tidak mencarinya.

    Secara efektif, rata-rata saya menggunakan 3 jam waktu produktif per hari untuk mengurusi bisnis ini. Selebihnya untuk kegiatan suka-suka.

  57. Bisakah anda beritahukan ke kami, berapa besar kantor anda, jumlah pengawainya, dan sebagainya?
  58. Wah ini pertanyaan favorit saya.

    Dari awal bisnis hingga bulan Juli 2007 saya bekerja seorang diri, dibantu dengan istri untuk mengelola bisnis ini. Saya tidak punya pegawai. Pekerjaan harian saya jalankan di sebuah ruangan tersendiri namun sepertinya jauh disebut sebagai kantor. Bahkan dulu saat tahun-tahun pertama, bisnis saya jalankan dari kamar tidur… hanya berjarak 1 meter dari tempat tidur.

    Sekarang, seperti yang saya sampaikan tadi… sebagian besar tugas rutin diselesaikan oleh para asisten terlatih. Istri saya pun saya bebaskan dari tugas. Dan kini saya memiliki ruangan yang lebih memadai untuk menjalankan bisnis setiap hari.

  59. Saat Anda memulai bisnis, berapa modal yang anda keluarkan?
  60. Mungkin anda tidak percaya, saya membangun FormulaBisnis dengan modal hanya Rp 350.000,-. Tidak lebih. Uang tersebut untuk keperluan:

    • Rp 125.000 membeli domain FORMULABISNIS.COM
    • Rp 75000 menyewa hosting untuk dua bulan pertama.
    • Rp 150.000 biaya sewa warnet untuk mencari bahan produk informasi.

    Ya… untuk bahan informasi. Tahukah anda, apapun produk informasi yang ingin anda jual di Internet, anda selalu bisa mendapatkan sumber informasinya melalui Internet. Anda hanya perlu jeli dan mengetahui rahasianya. Mengenai hal ini anda akan temukan penjelasan lebih detail di SMUO.

    Bulan-bulan berikutnya kebutuhan operasional saya tingkatkan untuk mendapatkan profit lebih tinggi lagi. Saya upgrade kapasitas hosting, saya beli berbagai software dan ebook untuk menunjang perkembangan bisnis tersebut.

  61. Bagaimana biaya operasional bulanan anda saat ini?
  62. Saya ceritakan dalam tiga tahap ya, ini agar tidak menakutkan bagi para pemula.

    Tahap awal (setelah tahap merintis), sampai tahun 2006, setiap bulan saya menghabiskan Rp 100.000 untuk biaya hosting dan domain. Untuk akses Internet saya gunakan koneksi wireless StarOne dengan biaya Rp 250.000 per bulan, pemakaian akses tanpa batas. Dengan begini saya tidak perlu lagi hilir mudik ke warnet.

    Saya belum ada pegawai, jadi saat itu tidak ada pengeluaran gaji. Dirata-rata, dalam sebulan saya mengeluarkan Rp 300 – 400 ribu. Saat itu profit bulanan saya 10 – 20 juta.

    Tahun 2006 pertengahan, bisnis bertambah besar tapi saya masih single fighter. Biaya bulanan saya sekitar 1 juta karena saya sudah mulai banyak memiliki website. Saat itu profit bulanan saya 20 – 50 juta.

    Dari akhir tahun 2007 hingga sekarang, untuk biaya operasional bisnis di internet setiap bulan saya menghabiskan lebih banyak lagi. Rp 500.000 untuk biaya hosting dan domain. Untuk akses Internet saya gunakan koneksi Sarva (ISP lokal Semarang) dengan biaya Rp 500.000 per bulan, pemakaian akses tanpa batas. Dan kini saya dibantu beberapa asisten dalam menjalankan bisnis.

    Jika digabung (termasuk gaji pegawai) biaya operasional bisnis saya sekitar Rp 3 juta per bulan. Profit bulanan sekitar 60 – 80 juta.

    Jika anda kunjungi website saya di FormulaBisnis, anda akan temukan foto saya di samping laptop dan printer murah, beberapa alat sederhana seperti pulpen dan buku tulis. Di belakang ada rak berisi artikel-artikel yang saya print dari hasil download informasi di Internet. Laptop itu pun saya beli setelah punya cukup uang dari hasil Internet.

    Sampai saat ini pun alat-alat itu masih saya pakai. Berat rasanya mengganti mereka dengan yang lebih canggih (walaupun saya mampu tinggal tunjuk) karena saya merasa mereka telah membantu saya mencapai semua ini.

    Wah, untuk profit yang sebesar itu, biaya operasional anda adalah yang terkecil yang pernah saya temukan!

    Ya, memang benar… itulah indahnya internet!

    Hanya di bisnis Internet inilah seseorang bisa menghasilkan profit Rp 60-80 juta per bulan hanya dengan pengeluaran total sekitar Rp 3.000.000,- per bulan! Tanpa resiko, tanpa birokrasi, dan lain-lain.

    Satu lagi, biaya yang paling mahal dalam bisnis ini sebenarnya bukanlah uang, melainkan tenaga, waktu dan pikiran untuk menemukan metode yang tepat dalam menjalankan bisnis di Internet.

    Sebelum saya berhasil menemukan metode ini, saya telah mengalami masa-masa yang cukup berat. 10 bulan lamanya! Saya banyak melakukan pembelajaran, penelitian, percobaan dan kegagalan dalam mencari cara terbaik untuk memulai dan menjalankan bisnis di Internet.

    Saat itu saya tidak punya pembimbing dan saya benar-benar mulai dari NOL dalam hal keuangan dan pengetahuan, hingga saya berhasil menemukan sebuah metode sederhana namun ampuh untuk membesarkan bisnis saya hingga saat ini. Seluruh intisari keringat dan keberhasilan strategi saya, telah saya tulis dan beberkan dalam eBook Sistem Mesin Uang Otomatis.

    Jadi, jika anda ingin memulai bisnis di Internet secara cepat, tanpa perlu mengalami trial and error seperti yang saya alami dulu, maka saya anjurkan anda memiliki Paket Panduan Sistem Mesin Uang Otomatis. Sungguh, panduan ini akan memberikan jalan pintas untuk anda, menghindarkan dari perasaan frustrasi karena pencarian yang berkepanjangan.

  63. Apa saja hambatan yang anda lalui saat memulai bisnis di Internet?
  64. Hambatan yang pertama adalah dari lingkungan sekitar. Seperti yang anda tahu, dunia Internet Marketing saat itu sangat baru di Indonesia. Sangat sedikit praktisi Internet di Indonesia dan setahu saya pada masa itu tidak ada satupun pengusaha Internet yang benar-benar berhasil. Jadi bisa dibilang tidak ada bukti nyata dari Indonesia yang bisa saya jadikan pembimbing dan pembangkit semangat.

    Saat saya memulai konsep bisnis ini, saya banyak mendapatkan komentar dan pendapat negatif dari orang-orang terdekat. Bukan berarti bisnis Internet itu buruk, tapi lebih pada rasa pesimis mereka bahwa Internet bisa dimanfaatkan untuk membangun bisnis dan menghasilkan uang.

    “Nasihat bijak“ dari teman, saudara, bahkan dari orang tua sendiri terus menerus datang bahkan pada saat saya dalam masa pencarian konsep bisnis yang tepat.

    Hambatan kedua bagi saya waktu itu adalah saya bukan orang TI. Saya benar-benar buta bagaimana cara membangun website, merancang HTML, membuat email, menghasilkan pengunjung dan semua hal lain yang seakan terkesan rumit sekali. Tapi setelah saya jalani, sebenarnya semua kesulitan itu bukanlah hambatan besar seandainya saat itu saya memiliki pembimbing.

    Percayalah… semua hal yang saya anggap sangat rumit saat itu, ternyata sangat mudah dan sederhana. Yang anda perlukan hanyalah kemauan untuk berusaha dan sebuah panduan yang terarah. Beruntunglah bagi anda yang saat ini tertarik dengan dunia bisnis Internet, karena FormulaBisnis.com bisa membimbing anda.

    Hambatan ketiga dan yang terbesar adalah dari diri saya sendiri. Sama seperti jika kita membangun bisnis sendiri, entah itu bisnis online atau offline, kemampuan kita untuk memotivasi diri sangat mempengaruhi keberhasilan kita di dalam bisnis. Dan saya pikir inilah satu faktor di mana jika kita bisa mengatasi kesulitan dan pergulatan psikologi di pikiran dan jiwa kita… maka kita pasti bisa mengatasi masalah apapun yang ada di luar diri kita.

    Bisnis manapun membutuhkan fokus, ketekunan, dan rasa pantang menyerah. Jika anda menemukan kesulitan di tengah jalan, anda akan sangat mudah menjadi down apalagi tanpa motivasi yang besar untuk sukses. Di bisnis online pun sama, seperti apapun bisnis yang anda jalankan, dia akan gagal jika anda tidak menerapkan tiga hal… fokus, ketekunan, dan pantang menyerah.

  65. Apa yang paling membuat anda tertarik dengan bisnis dan pemasaran Internet?
  66. Satu kata: kesederhanaannya! Saya sangat yakin bisnis di Internet hanyalah permainan angka. Semua yang terjadi di Internet sangat sederhana. Yang perlu anda lakukan hanyalah lakukan tes dan ukur. Sekali lagi tes dan ukur.

    Berbeda sekali dengan dunia bisnis offline.

    Misalnya seperti ini, dari setiap iklan yang anda pasang di Internet, dalam beberapa hari anda sudah bisa mengukur berapa banyak orang yang mengklik website anda. Dari mana saja mereka datang, dan dalam jumlah berapa. Berapa orang yang mengklik halaman ini, halaman itu, mengklik halaman order dan akhirnya membeli produk anda. Semua data dan angka bisa anda dapatkan dalam hitungan hari.

    Jika penjualan anda sedikit, maka anda bisa langsung melakukan sesuatu untuk meningkatkan rasio penjualan (Conversion Rate). Anda bisa mengubah cara penawaran di website, memperbaiki materi iklan, menambah bonus, memperbaiki garansi, mengubah letak navigasi link dan sebagainya.

    Hasilnya optimasinya? Itu bisa anda lihat dalam beberapa hari. Lalu optimasi lagi, tes lagi, ukur lagi… begitu seterusnya.

    Lain halnya jika anda menjalankan bisnis offline. Jika anda memasang iklan di baliho, spanduk atau iklan koran bagaimana anda mengukur efektifitasnya? Jika anda mendapat telepon, sampai order diterima, sama sekali tidak bisa terukur secara persis berapa jumlah hasil yang anda peroleh dari setiap iklan yang anda pasang.

    Anda juga tidak bisa mengukur berapa orang yang membaca atau merespon iklan anda. Anda juga akan kesulitan menemukan iklan mana yang paling banyak memberi hasil dan mana yang tidak.

    Jika bisnis offline anda mengalami kemunduran, sulit sekali mengetahui dimanakah letak kekurangannya. Di produknya kah? Di pemasarannya? Di kemasannya? Atau karena lokasinya? Harganya?

    Anda sama sekali tidak tahu.

    Satu-satunya cara bagi anda untuk mengetahui jawabannya adalah dengan melakukan survey dalam waktu yang cukup lama, disertai tenaga dan uang yang cukup besar.

    Seluruh kesulitan yang biasanya anda temui saat menjalankan bisnis offline, tidak akan anda temukan di Internet. Atau paling tidak bisa diminimalisir. Anda selalu bisa melakukan TES lalu meng-UKUR hasilnya dan selanjutnya meng-OPTIMASI nya berdasarkan hasil tes anda. Relatif dalam waktu yang sangat cepat.

    Itulah yang membuat saya jatuh cinta dengan bisnis Internet.

  67. Lalu bagaimana langkah anda selanjutnya untuk mengembangkan bisnis?
  68. Setelah merasakan aliran uang dalam bisnis saya, rasanya jadi jauh lebih bersemangat untuk mengembangkannya lebih besar lagi. Seiring dengan perjalanan FormulaBisnis, saya selalu melakukan perubahan pada cara saya melakukan penawaran ke orang lain. Jika anda mengikuti perkembangan bisnis saya sejak awal, anda akan melihat tampilan website FormulaBisnis berubah-ubah. Dan materi produk pun saya lengkapi dari waktu ke waktu.

    Saya juga selalu melakukan tes dan ukur pada setiap akspek bisnis saya. Perlu anda tahu, aspek yang ada di bisnis online sebenarnya banyak. Dan setiap aspek itu bisa dites, diukur, dan dioptimasi untuk memberikan hasil yang lebih baik.

  69. Aspek yang seperti apa yang anda maksud?
  70. Saya kasih contoh:

    Naskah iklan anda akan mempengaruhi keputusan mereka untuk mengunjungi website anda. Selalu tes dan ukur naskah iklan seperti apa yang paling memberikan pengunjung terbanyak.

    Tulisan headline atau judul website anda bisa menentukan apakah pengunjung akan membaca penawaran anda atau tidak. Dengan melakukan tes anda bisa tahu headline seperti apa yang akan mendatangkan profit.

    Cara anda menjelaskan manfaat produk akan menentukan orang itu berminat untuk memiliki produk anda atau tidak. Dengan melakukan tes dan ukur anda bisa tahu bagaimana cara menyampaikan penjelasan anda kepada mereka.

    Warna background website anda bisa mempengaruhi penjualan. Tes dan ukur untuk menemukan warna terbaik. Gambar eBook anda mempengaruhi image mereka terhadap produk anda. Tes dan ukur.

    Letak navigasi website anda mempengaruhi kemudahan pengunjung dalam menjelajahi website anda. Atur dan tentukan setelah anda lakukan tes dan mengukurnya.

    Produk bonus yang anda berikan, lamanya masa garansi, jumlah komentar kepuasan dari pemakai produk semua akan mempengaruhi mereka untuk membeli dari anda atau tidak. Lakukan tes dan ukurlah hasilnya.

    Harga yang anda berikan mempengaruhi volume penjualan. Tes dan ukur harga berapa yang paling pas dan menghasilkan volume penjualan yang paling optimal.

    Dan lain sebagainya…

  71. Bisa anda jelaskan lebih lanjut mengenai formula Tes, Ukur dan Optimasi?
  72. Prinsip dasar untuk sukes di bisnis online adalah TES, UKUR, lalu OPTIMASI! Saya kira itu juga sama dengan bisnis manapun, dengan model apapun. Jika anda tidak bisa menerima kenyataan bahwa untuk mengembangkan sebuah bisnis yang berhasil anda harus melakukan tes, ukur, dan optimasi… maka sebaiknya anda tidak usah berbisnis sama sekali.

    Mengapa?

    Karena bisnis yang anda lakukan tidak akan pernah berkembang. Anda hanya akan menghabiskan waktu, uang dan tenaga saja.

    Tapi seperti yang saya bilang pada awal percakapan kita, yang paling saya suka dari bisnis Internet adalah semua aspek bisnisnya bisa dites dan diukur dengan cepat dan tepat. Walaupun anda akan mengerjakan banyak hal untuk melakukan tes serta mengukur hasilnya, tapi hasil yang akan anda terima akan sangat mengagumkan.

    Internet memberikan kemudahan bagi anda untuk melakukan tes dan ukur. Jika satu iklan promosi anda sekarang memberikan hasil yang kurang, lakukan optimasi. Caranya, rancang iklan baru, tes, dan jika setelah anda ukur hasilnya lebih bagus dari iklan yang lama, maka hapus iklan lama dan gunakan iklan baru.

    Jika anda ingin lebih meningkatkan hasil iklan promosi, lakukan tes lagi dengan iklan baru lainnya. Jika iklan terbaru memberi hasil terbaik, gunakan yang terbaru! Buang iklan yang lama dan gunakan iklan yang terbaik. Terus menerus...berulang-ulang. Jika anda memiliki satu strategi promosi yang berhasil berjalan, tugas anda hanya perlu mengulang dan mengulang strategi yang sama tersebut. Selanjutnya, bisnis anda pasti akan sukses!

    Semakin banyak anda melakukan tes, ukur dan optimasi, maka akan semakin pesatlah perkembangan bisnis anda! Bisnis Internet hanyalah sebuah permainan… tapi permainan yang serius dan menyenangkan!

    Percayalah, sesulit apapun anda menjalankan bisnis di Internet, tingkat kesulitannya tidak akan bisa mengalahkan bisnis konvensional.

    Sebanyak apapun modal yang anda perlukan untuk memulai bisnis online, besarnya tidak akan mengalahkan biaya yang anda perlukan jika menjalankan bisnis konvensional.

    Sekeras apapun usaha anda di bisnis online, perjuangannya tidak akan pernah seberat bisnis konvensional!

    Silakan anda bandingkan dan pikirkan sendiri.

  73. Apakah saya harus melakukan tugas seperti itu saat menjalankan bisnis online saya sendiri nanti?
  74. Ya, tentu saja, tapi tidak perlu langsung begitu. Lakukan secara bertahap sesuai dengan tingkat kemampuan anda. Anda bisa gunakan cara saya:

    Pertama, lakukan sesuai yang anda bisa. Siapkan bisnis anda, siapkan website anda dan mulai pasarkan. Seiring dengan jalannya waktu, lakukan tes dan ukur, setahap demi setahap. Anda akan belajar banyak hal dalam perjalanan itu. Yakinlah, anda tidak akan rugi mempelajari banyak hal baru untuk meningkatkan usaha pemasaran website anda.

    Jika anda memiliki Panduan SMUO, anda bisa gunakan itu sebagai pedoman. Langkah demi langkah yang anda lakukan nanti saat memulai bisnis akan terfokus untuk membangun dan mengembangkan bisnis anda.

    Semakin lama anda berjalan bersama bisnis anda, maka akan semakin berkembang pengetahuan dan kemajuan bisnis anda.

  75. Bagaimana dengan mereka yang sama sekali baru di Internet dan ingin mengikuti jejak anda? ?
  76. Tidak masalah jika saat ini anda baru bisa mengoperasikan komputer dan Internet. Itu sama persis keadaannya dengan saya masa itu. Tapi bedanya, sekarang anda bisa memiliki pembimbing yang akan memandu anda memulai dan menjalankan bisnis di Internet. Sistem Mesin Uang Otomatis akan membantu anda.

    Jika anda ingin mengambil langkah pertama, silakan miliki paket informasi Sistem Mesin Uang Otomatis yang terdapat di FormulaBisnis.com. Dapatkan panduan bisnis online dari saya lalu baca seluruh panduan dengan seksama. Setelah anda selesai membaca panduan SMUO, dapatkan gambaran secara menyeluruh tentang konsep bisnis yang saya tawarkan. Lalu, anda bisa mengambil langkah kedua dengan mengikuti setiap instruksi yang saya paparkan dari awal hingga akhir.

    Percayalah, semakin anda terlibat dengan bisnis ini, anda akan menyadari betapa banyak ilmu dan pelajaran berharga yang bisa anda dapatkan. Pikiran anda akan lebih terbuka, dan hasil akhirnya, anda menjadi lebih siap untuk membangun bisnis apapun melalui Internet.

  77. Apa saja yang bisa anda tunjukkan kepada kami sehingga kami bisa yakin anda memang sangat berkompeten di bidang Internet Marketing?
  78. Wah, anda ingin bukti!

    OK, saya memiliki beberapa bukti untuk membuat anda lebih yakin:

    • Ingatkah anda saat memasukkan nama dan email anda di FormulaBisnis?Saya berhasil menangkap 200-400 daftar kontak dalam sehari, terus menerus setiap hari. Silakan perhatikan di FormulaBisnis.com, saya mencantumkan jumlah subscriber secara realtime, saat saya menulis ini jumlahnya sudah mencapai 90.000 orang. Catat angkanya, lalu kembali lagi ke FormulaBisnis.com keesokan harinya pada jam yang sama. Anda akan menemukan jumlah subscriber saya 200-400 lebih banyak dari kemarin.

      Apa artinya? Dengan memiliki ratusan data kontak setiap hari, dan semuanya tetarik dengan peluang bisnis di Internet… maka saya punya kesempatan untuk menghubungi mereka berulang kali dan menawarkan informasi apapun yang saya inginkan.

      Saya memiliki teknik khusus mengenai hal ini dan rahasianya akan saya berikan di SMUO.
    • Saya menghasilkan 5000 pengunjung tertarget setiap hari. Tanpa saya melakukan promosi ke sana kemari, pengunjung secara gratis datang ke website tanpa keluar sepeserpun sebagai biaya promosi.

      Saya memiliki strategi bagaimana cara menghasilkan ribuan pengunjung tanpa mengeluarkan uang sedikitpun untuk biaya promosi. Penjelasannnya bisa anda temukan di dalam paket SMUO.
    • Dari hari ke hari, website FormulaBisnis.com menjadi semakin populer. Ratusan bahkan ribuan orang merekomendasikan SMUO FormulaBisnis.com untuk anda baca dan terapkan Silakan akses www.Google.com, masukkan kata kunci “formulabisnis.com”. Anda akan temukan 60.000 website merekomendasikan bisnis kami kepada anda.
    • Sampai saat ini FormulaBisnis.com telah mendapatkan 970 email testimonial dari para member. Semua menyatakan kepuasannya terhadap paket produk kami.
    • Semua traffic dan subscriber yang saya hasilkan tidak akan berarti jika saya tidak menghasilkan uang. Untungnya… I can show you the money! Rp 1,7 milyar telah berhasil saya dapatkan dari bisnis sederhana ini.
    Anda bisa melihat detail rincian penghasilan tersebut melalui website saya di FormulaBisnis.com. Perhatikan dari tahun pertama, bulan-bulan tahun kemarin, sampai bulan kemarin. Saya secara tegas memberikan bukti nyata bahwa BENAR, kita bisa menghasilkan uang melimpah dari Internet.

  79. Apakah tantangan terbesar yang anda hadapi saat menawarkan konsep anda ke orang lain?
  80. Tantangan yang saya hadapi sat menawarkan konsep bisnis ini adalah ada rasa skeptis dan curiga dari beberapa pihak. Alasan mereka macam-macam, antara lain: mereka mengira ini sebagai penipuan, mustahil saya bisa menghasilkan uang sebanyak itu dengan kerja yang relatif sangat ringan. Ada juga yang bilang ini too good to be true. Terlalu muluk-muluk. Ada yang bilang ini bisnis haram hanya karena saya tidak menjual produk nyata dan sebagainya.

    Semua rasa skeptis itu saya terima dengan lapang dada. Yang pasti, saya tidak menawarkan program cepat kaya, walaupun saya membuktikan konsep ini bisa menghasilkan uang melimpah bagi saya dalam waktu yang relatif singkat. Saya tidak menutupi fakta bahwa untuk bisa sukses di bisnis ini ada syarat yang harus dilakukan, anda memerlukan fokus, ketekunan dan rasa pantang menyerah.

    Saya tidak menjamin setiap orang yang membeli SMUO otomatis akan jadi kaya begitu saja. Bukan begitu caranya. Semua ada prosesnya. Anda harus melakukan instruksi seperti yang saya berikan, anda harus fokus, anda harus tekun, dan jangan terlalu cepat menyerah. Tapi yang menarik adalah, seluruh instruksi yang nanti anda ikuti merupakan strategi-strategi terbaik yang telah saya tes, ukur dan optimasi hasilnya. Anda benar-benar menggunakan jalan pintas yang ditawarkan SMUO.

    Saya gambarkan begini, jika dengan konsep bisnis sesederhana ini saja anda masih gagal, maka anda akan gagal di konsep bisnis lainnya. Apalagi di bisnis konvensional.

    Mengapa? Karena saya tahu, konsep bisnis yang saya tawarkan termasuk yang paling sederhana dari sebagian besar konsep bisnis yang ada di luar sana.

  81. Seberapa pentingnya subscriber/data kontak pengunjung untuk perkembangan bsinis anda?
  82. Setiap orang yang datang ke website anda, sebagian besar tidak membeli produk anda saat itu juga. Kebanyakan dari mereka datang, pergi dan jika ingat, suatu saat mereka kembali lagi.

    Maka dari itu, anda perlu menangkap data kontak mereka (seperti nama dan email pengunjung) agar nanti bisa melakukan follow up terhadap mereka. Cara menangkap data kontak bisa saya contohkan pada halaman pertama (homepage) FormulaBisnis.com. Silakan lihat di sana!

    Data kontak atau prospek adalah letak sumber penghasilan anda berasal. Dari merekalah anda bisa mendapatkan keuntungan. Data kontak yang anda miliki akan memungkinkan anda untuk menghubungi mereka kapanpun dan sesering apapun yang anda mau.

    Semakin banyak data kontak yang anda peroleh, maka semakin banyak orang yang bisa anda tawari bisnis, dan hasil akhirnya, akan semakin besar profit yang akan anda terima.

    Jika anda tidak menangkap data kontak mereka, maka kemungkinan bagi mereka untuk kembali lagi akan sangat kecil. Akibatnya anda akan kehilangan profit yang seharusnya menjadi milik anda.

  83. Apa yang anda berikan ke subscriber, berapa kali seminggu?
  84. Saya memberikan newsletter mingguan. Materinya tentang tips-tips praktis membangun dan memasarkan bisnis di Internet. Selain itu, saya juga memberikan penawaran-penawaran baru, alat-alat baru atau informasi apapun yang bisa mereka manfaatkan untuk membangun bisnis di Internet.

  85. Bisakah anda jelaskan perbedaan informasi yang akan didapat oleh subscriber dan member?
  86. Jika anda sebagai subscriber, anda akan mendapatkan pelajaran dan motivasi untuk memulai bisnis online, tips-tips praktis untuk memasarkan bisnis anda di Internet. Tapi tentu saja, materinya tidak akan sedetail dan sedalam materi Sistem Mesin Uang Otomatis.

    Sebagai member, anda mendapatkan informasi yang lebih mendalam dan lengkap, disertai dengan panduan langkah demi langkah yang akan memudahkan anda dalam memulai dan memasarkan bisnis anda di Internet. Saya juga memberikan update gratis, keanggotaan seumur hidup, bonus istimewa, dan berbagai informasi dan peralatan penting yang sangat anda perlukan.

    Selain itu, khusus untuk member, anda juga bisa mengikuti Program Reseller FormulaBisnis.com. Maksudnya, anda bisa merekomendasikan SMUO ke orang lain. Setiap penjualan yang dihasilkan karena rekomendasi anda, maka anda berhak mendapatkan komisi 50% dari omset penjualan.

  87. Bisakah anda sampaikan ke saya, kesalahan apa yang paling sering dilakukan oleh mereka yang sedang mencari peluang bisnis di Internet?
  88. Pernahkah anda, asyik surfing di Internet, mengunjungi banyak website, membaca artikel, melihat iklan, menemukan produk baru dijual, dan masih banyak lagi?

    Ketika anda melakukan riset semacam itu, sesuatu terjadi. Anda menemukan sebuah informasi yang membuat anda berguman, “Wah saya bisa menghasilkan uang dari sini!“

    Segera setelah anda menemukan informasi itu, anda cepat-cepat buka buku catatan, anda buat konsep, ide dan detail bisnis baru yang anda yakin… yang ini pasti membawa hasil. Anda terkesima selama beberapa hari, mengagumi diri anda sendiri karena berhasil menemukan ide baru untuk menghasilkan uang melalui Internet. Anda mulai menghitung-hitung berapa nanti uang yang akan anda hasilkan dan untuk apa anda membelanjakannya.

    Lalu hal berikutnya terjadi…

    Anda iseng surfing Internet lagi. Anda menemukan ide bisnis penghasil uang lainnya saat anda sedang asik berselancar di Internet. Lalu yang lainnya lagi… lainnya lagi… dan seterusnya.

    Akhirnya, yang sebenarnya terjadi adalah anda tidak pernah menyelesaikan apa yang baru anda mulai. Anda meloncat ke sana ke mari. Anda tidak pernah benar-benar membuat ide-ide bisnis anda yang cemerlang itu berkembang dan dipasarkan. Hasilnya… NOTHING!

    Hasil akhirnya? Anda pusing, lelah dan merasa tidak menghasilkan apa-apa. Waktu telah banyak terbuang, otak anda semakin dijejali oleh informasi, ide ini dan itu, dan rencana yang tak kunjung sempurna.

    Inilah salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab kegagalan pebisnis online. Mereka selalu mencari informasi baru, ide baru, tanpa pernah menyelesaikan pekerjaannya.

    Kebenaran sesungguhnya adalah, anda akan menghasilkan uang jauh lebih banyak jika mengerjakan dengan sungguh-sungguh SATU ide bisnis saja dari pada mengerjakan 10 ide bisnis anda secara bersamaan. Tulis pernyataan itu. Ini bernilai jutaan rupiah jika anda benar-benar menerapkannya dalam tindakan.

    Jika anda hanya mengambil satu ide bisnis saja dan secara penuh mengembangkannya, anda pasti akan memiliki sebuah BISNIS KOKOH di tangan anda, bukan hanya sekedar penghasil uang. Dengan sebuah bisnis nyata anda bisa dan harus secara kontinu berinvestasi ulang ke dalamnya dan kemudian melipatgandakan profit anda.

    Apapun yang anda lakukan secara online harus bertujuan untuk membangun bisnis. Bukan mencari bisnis baru! Lakukan tes, ukur, dan optimasi seluruh aspek bisnis anda, terus menerus.

    Anda harus menggunakan waktu anda sebaik mungkin untuk mengembangkan sesuatu di dalam bisnis anda, setiap hari. Seperti bagaimana mendapatkan lebih banyak pembeli, membuat lebih banyak kerja sama, melakukan tes beberapa tempat baru untuk promosi, menambah materi produk dan sebagainya.

    Jika anda tidak berhasil melipatgandakan penjualan bulan berikutnya, berarti ada yang salah dengan bisnis anda. Lakukan tes lagi dan ukur lagi. Mencari uang di Internet itu MUDAH jika anda mengikuti filosofi sederhana tentang PENINGKATAN BERTAHAP (merupakan salah satu prinsip bisnis pavorit saya). Setiap minggu anda harus berusaha membuat bisnis anda lebih baik dan menghasilkan lebih banyak. Terus menerus.

    Tapi anda tidak akan bisa mewujudkannya jika setiap hari anda selalu cenderung mencari ide bisnis baru. Anda harus menghentikannya sekarang juga dan perhatikan dengan serius bisnis yang saat ini sedang anda jalankan, selanjutnya lihatlah apa yang akan terjadi.

  89. Prinsip atau filosofi apa yang anda pegang teguh saat memulai bisnis online?
  90. Pertama, sebelum memulai bisnis, pastikan bahwa produk atau program yang anda miliki/ikuti benar-benar membawa manfaat. Setiap rupiah yang mereka keluarkan untuk anda harus sepadan dengan manfaat yang akan mereka terima. Dengan begitu anda bisa jalankan bisnis ini dengan sepenuh hati tanpa perasaan bersalah.

    Kedua, saat memulai bisnis gunakan panduan yang telah terbukti berhasil. Panduan itu akan menjadi pembimbing ampuh untuk menghindarkan anda dari banyaknya kesalahan di tengah jalan nanti. Selain itu, anda akan diberikan langkah-langkah strategis yang bisa mempercepat laju kesuksesan anda dalam berbisnis.

    Ketiga, tanamkan dalam benak anda, bahwa bisnis online hanyalah sebuah permainan angka. Gunakan formula TES, UKUR, dan OPTIMASI untuk membuat bisnis anda cepat meledak. Tes strategi baru, ukur hasilnya, dan optimasi sesuai hasil. Ulang terus menerus sampai anda menemukan strategi yang paling ampuh untuk bisnis anda.

    Keempat, miliki hasrat yang menyala dalam diri anda untuk sukses. Karena ini akan menjadi motivasi terbesar anda dalam berjuang. Walaupun bisnis ini anda jalankan di sela-sela pekerjaan utama, lakukan dengan fokus. Jalankan dengan ketekunan, sekecil apapun langkahnya. Dan yang terpenting, saat anda menemui kendala-kendala di tengah perjalanan menuju sukses, jangan gampang menyerah.

  91. Menurut anda, apa yang menyebabkan banyak orang terjebak dalam pencarian program-program kaya mendadak tanpa kerja keras?
  92. Tidak ada makan siang gratis!

    Saya prihatin dengan mental kebanyakan orang Indonesia yang selalu mengharapkan kekayaan dengan cepat. Mereka mengikuti program-program di Internet yang menjanjikan penghasilan sekian juta rupiah dalam sebulan, tanpa melakukan kerja apapun.

    Contohnya seperti arisan berantai, money game, kasino online dan sejenisnya. Tapi akhirnya yang mereka dapat adalah perasaan menjadi korban penipuan, biasanya disertai rasa putus asa, marah, dan frustrasi.

    Karena hal itu, mereka mengira bisnis di Internet hanyalah bohong belaka. Mereka tidak sadar, atau bahkan sebenarnya mereka sadar tapi tidak mau menyadarinya… bahwa untuk sukses di bidang bisnis apapun mereka perlu tindakan. Dan tindakan pun tidak cukup! Mereka perlu bisnis yang masuk akal, mereka perlu strategi yang teruji berhasil dan sebagainya.

    Memang, seperti yang tadi saya bilang, Internet bisa membuat bisnis anda jadi jauh lebih cepat berkembang dan jauh lebih cepat mendatangkan hasil. Namun untuk membuat semua itu terjadi, anda memerlukan strategi, tindakan dan penanganan yang tepat.

  93. Bagaimana target bisnis internet anda setahun ke depan?
  94. Saya ingin lebih menekuni dunia ini sebagai konsultan, penulis dan pembicara Internet Marketing dalam sisa hidup saya. Karena di dunia inilah saya merasa bersemangat dan optimis akan perkembangannya di masa depan.

    Internet masih baru di Indonesia dan apa yang sedang terjadi hari ini seperti benih yang baru tumbuh. Bersiaplah dengan gebrakan-gebrakan baru yang nanti dilakukan Internet untuk memudahkan kehidupan bisnis kita.

    Saat ini saya meraih income sekitar 75 juta per bulan dari menjual informasi di internet. Saya tidak memasukkan berapa penghasilan saya dari program Adsense, dari kegiatan trading di pasar Forex, atau dari hasil investasi properti yang saya lakukan di dunia offline. Itu belum perlu…

    Target saya tahun 2008 ini adalah:

    • Memiliki 5 money sites baru. Saat ini saya memiliki 3 situs penghasil uang: www.FormulaBisnis.com, www.StrategiForex.com dan www.AsetVirtual.com.
    • Memiliki 5 situs traffic magnet baru. Saat ini saya memiliki www.Klikdisini.com dan www.BlogJualBeli.com. Saya akan tambah 3 traffic magnet lagi untuk memancing pengunjung gratis dan berulang ke web saya dan kemudian menggiringnya ke money sites.
    • Memiliki 2 situs brand builder. Saat ini saya punya www.JokoSusilo.com yang bertugas membesarkan nama saya di Internet. Saya akan buat satu blog lagi mengenai forex untuk meningkatkan income di StrategiForex.com.
    • Memiliki 100.000 daftar kontak baru yang tertarget. Saat ini saya memiliki 97.000 daftar kontak yang siap menerima informasi bisnis dari saya. Dengan tambahan 100.000 data kontak baru akan semakin memantapkan bisnis saya.
    • Memiliki 5 pegawai (tetap atau freelance), saat ini saya memiliki satu asisten kepercayaan, dan 3 tenaga freelance untuk membantu saya membangun bisnis. Terus terang, tambah aset harus tambah pengelola hariannya.
    • Dan jika bicara soal income, saya targetkan tahun ini menembus income 150 juta per bulan hanya dari bisnis menjual informasi di internet. Tidak termasuk income dari Adsense, Forex, dan investasi properti. Saya minta tolong ke semua pembaca untuk ikut mendoakan saya. Selain itu, tahun ini saya sudah mulai menulis artikel dan buku berkaitan dengan Internet Marketing. Saya merasa pengetahuan yang saya butuhkan sudah cukup untuk bisa memberikan informasi berharga bagi seluruh lapisan masyarakat.

  95. Bagaimana menjalankan bisnis online bisa mempengaruhi hidup anda?
  96. Jika anda memiliki bisnis yang berjalan sesuai dengan harapan, bisnis anda sukses dan memberi hasil tanpa batas, dan anda tidak terjebak di dalamnya, pasti hidup anda lebih nyaman dan bahagia.

    Kebanyakan orang terjebak dalam perangkap uang/waktu. Artinya untuk mendapatkan uang lebih banyak, mereka harus mengorbankan waktunya. Dan sebaliknya, jika mereka menginginkan waktu lebih banyak, maka mereka harus rela jika penghasilannya berkurang.

    Tapi ini tidak saya alami. Waktu luang saya tetap tersedia, tidak peduli seberapa besar penghasilan yang diterima. Dengan bisnis Internet, memungkinkan saya untuk mengotomatiskan jalannya bisnis tanpa memerlukan kehadiran saya di tengahnya. Saya tidak perlu menunggu 24 jam sehari di depan komputer, menunggu pengunjung membeli seperti layaknya saya menunggui toko. Saya bisa dapatkan ribuan pengunjung per hari tanpa perlu melakukan promosi. Saya bisa mendapatkan order tanpa perlu menunggui website sepanjang hari. Saya bisa meng-follow up puluhan ribu prospek/data kontak setiap hari, secara otomatis, tanpa menyentuh komputer sedikitpun. Semua telah saya siapkan untuk berjalan secara otomatis. Itulah intisari SMUO.

    Dengan waktu dan uang yang lebih banyak, saya bisa lakukan lebih banyak hal. Saya bisa bantu sebanyak mungkin orang, bisa bergaul dengan keluarga selama dan sesering yang saya inginkan. Bisa memberikan kepada mereka apa yang mereka inginkan, dan saya bisa melakukan hal-hal yang jarang bisa dilakukan oleh para pekerja seusia saya.

    Saya bisa santai nonton TV di hari senin jam 9 pagi atau jam 2 siang. Saya bisa tamasya bersama keluarga di saat orang lain sedang terkurung di kantornya. Dan yang lebih penting lagi, saya bisa bantu orang lain di mana dulu saya hanya mampu merasa kasihan terhadap mereka tanpa bisa berbuat apa-apa.

    Banyak sekali hal menyenangkan yang bisa dilakukan oleh orang merdeka!

  97. Bisakah anda berikan ke kami strategi pemasaran terpenting yang anda gunakan untuk membangun FormulaBisnis.com?
  98. Strategi pemasaran terpenting yang sangat mempengaruhi bisnis saya adalah:

    • Website replikasi, yang membuat bisnis saya meledak dalam waktu singkat.
    • Membuat Blog dan secara rutin mengisinya dengan materi berbobot.
    • Optimasi search engine, yang akan mendatangkan pengunjung tanpa melakukan promosi terus menerus.
    • Menangkap data kontak, yang memungkinkan saya meng-follow up mereka berulang kali sampai mereka membeli produk saya.
    • Melakukan kerjasama dengan orang lain.
    Seluruh detail strategi tersebut bisa anda baca di SMUO.

  99. Anda menghasilkan pengunjung sebagian dari search engine, bisakah anda jelaskan bagaimana agar kami juga menghasilkan traffic dengan cara ini?
  100. Wah maaf, kalau untuk yang ini, strategi rahasianya baru bisa anda temukan di SMUO. Jadi silakan miliki SMUO dan temukan berbagai strategi yang saya terapkan untuk membangun bisnis di Internet.

  101. Pak Joko, bisa anda jelaskan mengapa kami perlu memiliki panduan jika ingin memulai bisnis di Internet?
  102. Ya, begini…

    Internet itu adalah hal baru, apa saja yang akan anda terima kemungkinan besar baru anda dengar saat itu. Anda belum memiliki pengalaman dengan informasi tertentu atau bisnis tertentu di Internet yang akhirnya benar-benar bisa memberikan keuntungan untuk anda. Maka dari itu anda memerlukan panduan yang akan memimbing anda.

    Tanpa panduan bisnis Internet, anda akan "tersesat", anda tidak tahu harus bagaimana memulai dan membangun bisnis online sehingga menguntungkan. Tanpa panduan yang benar, anda akan banyak menghabiskan uang, waktu, tenaga dan pikiran untuk mencari strategi apa yang bisa menghasilkan profit untuk anda. Dijamin anda akan jauh lebih banyak mengalami Trial and Error, dan itu tidak bagus untuk jaman yang serba cepat perubahannya seperti sekarang ini.

    Jika anda ingin mendapatkan manfaat besar dari Internet dan membawa diri anda ke level ekonomi dan pengetahuan yang lebih tinggi, jika anda bosan dan capek seperti saya terhadap banyaknya “program dan peluang bisnis sampah“ yang ada di luar sana, maka saya anjurkan anda memiliki mendapatkan panduan SMUO.

  103. Pak Joko, sekarang banyak sekali penawaran yang mirip dengan FormulaBisnis.com, Bagaimana kami bisa menentukan mana yang terbaik?
  104. Sebelum anda menentukan panduan bisnis Internet mana yang ingin anda beli, pastikan anda mengetahui beberapa kriteria website penyedia panduan tersebut, antara lain:

    • Apakah pemilik website tidak menyembunyikan identitasnya di balik website? Artinya, apakah dia berani menampilkan siapa dia sebenarnya, fotonya, alamatnya, nomor teleponnya atau hal lain yang menunjukkan bahwa dia tidak menyembunyikan identitasnya.
    • Apakah dia benar-benar mengalami keberhasilan dengan mengikuti panduan yang dia tulis sendiri? Apakah dia berani menampilkan bukti penghasilannya sebagai tolok ukur keberhasilannya.
    • Apakah dia dikenal dan mempunyai reputasi bagus di dunia Internet Marketing. Berapa lama dia online? Dan artikel apa saja yang sudah dia tulis dan tersebar di Internet.
    • Seberapa banyak orang yang merekomendasikan website/produk dia di Internet. Anda bisa cari datanya dengan memasukkan kata kunci nama websitenya ke dalam mesin pencari Google.com. Jika anda menemukan banyak orang yang merekomendasikan produk orang tersebut, bisa jadi produk itu memang bagus.
    • Apakah prestasinya bisa dibuktikan secara nyata? Misal, berapa jumlah subscriber yang bisa dia raih setiap hari? Berapa jumlah kunjungan yang dia hasilkan. Dan apakah dia bisa melakukan optimasi search engine sehingga di kata kunci tertentu dia berhasil menempati posisi pertama hasil pencarian?

    Jika anda sudah menemukan sumber informasi yang memenuhi kriteria tersebut di atas, maka anda bisa memesan produk informasi yang ditawarkan dengan penuh percaya diri. Anda bisa benar-benar mempercayai mana sumbernya sebagai contoh yang bisa anda ikuti kesuksesannya.

  105. Apa yang ingin anda sampaikan ke pembaca yang ingin memulai bisnis di Internet?
  106. Ada tiga hal penting yang ingin saya sampaikan kepada anda yang ingin atau berpikir untuk memulai bisnis di Internet:

    Pertama, walaupun keberadaan Internet merupakan sebuah fenomena yang sampai saat ini masih mencengangkan, namun jangan mengharapkan kekayaan dengan cepat melalui bisnis Internet. Pada dasarnya prinsip bisnis di Internet adalah sama dengan bisnis lainnya… dia membutuhkan proses. Hanya dengan fokus, ketekunan, dan rasa pantang menyerah, bisnis online anda akan sukses.

    Kedua, walaupun bisnis di Internet membutuhkan komitmen sama seperti jika anda berbisnis lainnya, namun kemudahan yang diberikan oleh Internet sangat luar biasa. Manfaatkan kemudahan dan kelebihan Internet untuk membangun bisnis anda secara lebih mantap dan cepat. eBook SMUO yang saya tawarkan di FormulaBisnis.com bisa menunjukkan kepada anda kemudahan apa saja yang bisa dimanfaatkan dari Internet untuk membangun kerajaan bisnis secara kokoh dan relatif lebih cepat.

    Ketiga, jangan terjebak pada luapan informasi di Internet. Seperti yang saya jelaskan tadi, Internet adalah gudangnya informasi. Banyak sekali informasi menarik yang bisa anda temukan di sana. Anda bisa dengan mudah menemukan ide A dan kemudian ide B, dalam hari yang sama. Anda bisa saja dengan mudah beralih dari rencana bisnis yang satu ke rencana bisnis yang lainnya.

    Tetapkan satu panduan dan buatlah itu menjadi pembimbing sampai anda memerlukan panduan yang lebih dalam lagi.

    Ingat tidak? Saya baru saja menjelaskan bahayanya dari beralih dari satu ide ke ide lain tanpa sempat mengerjakan ide lama anda atau bahkan menyelesaikannya. Solusinya… fokus!

  107. Pak Joko, kita sudah bicara banyak sampai saat ini. Bisa anda jelaskan ke kami apa manfaat pengalaman anda untuk kami?
  108. Saya menceritakan pengalaman saya sendiri dalam merintis usaha dan membangunnya agar anda juga tahu bahwa keadaan saya waktu itu mungkin sama dengan keadaan anda saat ini. Kesulitan saya waktu itu mungkin sama dengan kesulitan anda saat ini.

    Saya ingin anda menyadari bahwa jika saya bisa memulai dan membangun bisnis di Internet, tentu saja anda akan jauh lebih bisa. Saat itu saya menjalani bisnis ini tanpa bimbingan dari siapapun di dekat saya. Tapi sekarang, jika anda mau mengambil kesempatan yang saya tawarkan, maka anda bisa mencoba membangun bisnis di sini dan saya siap membantu anda.

    Stop dreaming, start action!

Baca Juga Artikel Terkait







Tinggalkan Komentar



1 Respones to "Wawancara dengan Joko Susilo,ST"

tarasinta said...

Dear Uka,

Kini Taradiastuti Sinta berbagi hasil melalui Program Affiliasi Taradiastuti Sinta.

Program Affiliasi Taradiastuti Sinta adalah program berbagi hasil dari transaksi pemesanan buku-buku koleksi Taradiastuti Sinta.

Bentuk bagi hasilnya adalah berupa uang cash yang akan langsung ditransfer ke rekening Bank Anda (Bank Anda haruslah: BCA, Mandiri, atau BNI).

Caranya mudah hanya dengan melakukan pendaftaran secara online lalu Anda membantu memasarkan buku-buku koleksi Taradiastuti Sinta dengan cara memasang banner yang sudah Saya sediakan ke website atau blog Anda.

Setiap orang yang berkunjung melalui website atau blog Anda ke website Koleksi Buku Taradiastuti Sinta (Mengklik banner Tara yang dipasang di website atau blog Anda) dan orang tersebut melakukan transaksi pemesanan buku maka Anda akan mendapatkan bagi hasil dari transaksi tersebut. Transaksi yang dihitung untuk berbagi hasil adalah transaksi hingga pelanggan melakukan pembayaran pesanannya.

Hebatnya!! Anda tidak dipungut biaya apapun untuk ikut dalam Program Affiliasi Taradiastuti Sinta ini. Tunggu apalagi? Mari bergabung!!

Untuk bergabung silahkan kunjungi: http://aff.tarasinta.com



Warm Regards,

Taradiastuti Sinta
http://www.tarasinta.com


6:04 PM

Post a Comment

Previous Article Next Article
Home