BBM : D55 CB 98A
WA : 0853 2023 77xx
info@frosid.com

Memilih Internet Service Provider (ISP) Yang Baik



Peringatan:
Semua apa yang dipaparkan pada posting ini tidak ada sedikitpun niat dalam hati untuk menjelekkan pelayanan dari ISP yang lain yang tidak disinggung disini. Pilihan terakhir tetap berada di tangan Anda. Andalah yang tetap melakukan perbandingan atas pelayanan ISP sebanyak-banyaknya.

Sementara ini yang saya tahu jumlah ISP yang terdaftar di Indonesia ada lebih dari sepuluh perusahaan. Jumlah ini bisa bertambah atau berkurang bergantung dari bagaimana perkembangan bisnis internet di Indonesia.

Untuk memilih ISP yang baik, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Berapa Besar Badwidth Yang Dimiliki Oleh ISP Tersebut
  2. Penjelasan yang paling mudah untuk bandwidth adalah berapa banyak jumlah data yang bisa ditrasfer (dikirim dan diterima) setiap waktunya. Semakin besar bandwidth yang dimiliki perusahaan, semakin cepat Anda melakukan penjelajahan di Internet.

  3. Bagaimana Sistem Biaya Berlangganan Yang Diterapkan Oleh ISP
  4. Ada ISP yang menggunakan sistem per jam koneksi, ada yang menggunakan sistem per paket (misalnya Rp. 45.000,- untuk 12 jam), ada juga yang menggunakan kombinasi dari keduanya. Sistem mana yang Anda pilih, itu bergantung dari kesanggupan keuangan Anda.

  5. Bagaimana layanan Customer Supportnya
  6. Pelayanan pelanggan merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan, karena jika Anda termasuk orang baru di dunia komputer dan teknologi, maka Anda membutuhkan bantuan yang sangat besar sekali dari layanan ini. ISP yang baik akan memiliki Customer Support yang ramah dan siap membantu memecahkan persoalan teknis internet yang dihadapi pelanggannya dengan sabar. Jika Anda mendapatkan pelayanan yang tidak baik dari Customer Support maka jangan ragu untuk pindah ISP yang lain.

  7. Tanyakan Informasi Bersangkutan
  8. Tanyakan ke rekan atau sahabat Anda yang telah menjadi pelanggan dari ISP yang bersangkutan. Apakah dia puas atau kecewa atas layanan yang diberikan.

  9. Lama Operasi Perusahaan
  10. Berapa lama perusahaan telah beroperasi/berdiri.

  11. Banyak Jumlah Pelanggan
  12. Berapa banyak jumlah pelanggan pada saat itu.

Jika Anda lebih mengutamakan kecepatan koneksi dan tidak begitu peduli dengan biaya yang dikelurkan, maka tiga perusahaan berikut sangat direkomendasikan, yaitu:
  1. PT. Cyberindo Aditama (CBNet)
  2. PT. Rahajasa Media Internet (RADNET)
  3. Sistelindo Mitralintas (IBM Net)
Khusus untuk IBM Net, biaya berlangganan ditetapkan dalam mata uang dollar.

Ketiga perusahaan tersebut diatas rata-rata telah memiliki bandwidth di atas 2 Mbps (megabits per second). Untuk CBNet telah memiliki bandwidth sebesar 4 Mbps. Perusahaan-perusahaan ini juga telah mendukung teknologi modem modern seperti X2 (dari 3Com dan U.S. robotics) dan K56Flex (dari Lucent dan Rockwell).

Jika Anda lebih menyukai akses lokal yang terbesar di seluruh wilayah Nusantara dan biaya berlangganan yang terjangkau, maka ada dua perusahaan yaitu PT. IndoInternet (IndoNet) dan Wasantara Net (anak perusahaan dari PT. Pos Indonesia).

Apa yang dimaksud dengan akses lokal?
Akses lokal adalah nomor telepon ISP yang dihubungi oleh modem Anda yang berada di wilayah di mana Anda tinggal.
Sebagai contoh, untuk tiga perusahaan yang telah disebut lebih dulu (CBNet, RadNet, dan IBM Net). Mereka rata-rata hanya memiliki akses lokal di kota-kota besar saja seperti: Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Jadi bagi Anda yang tinggal di luar daerah itu harus menghubungi nomor interlokal agar dapat terkoneksi dengan modem perusahaan sehingga Anda bisa menjelajahi Internet.

Lain halnya dengan dua perusahaan IndoNet dan Wasantara Net. Mereka memiliki akses lokal yang lebih banyak (menyebar), sehingga Anda tidak perlu melakukan hubungan interlokal untuk dapat terkoneksi dengan modem perusahaan. Khusus untuk Wasantara Net, akses lokal yang dimiliki telah tersebar di 27 provinsi di Indonesia.

Berikut ini adalah alamat dari sebagian ISP yang dapat Anda hubungi:
(jika belum pindah alamat)

PT. Cyberindo Aditama (CBNnet)
Gedung Manggala Wanabakti IV Suite 618E
Jl. Gatot Subroto, Jakarta 10270, Indonesia
Telpn: 021 5742488
Fax: 021 5742481
E-mail: sales@cbn.net.id
Website: http://www.cbn.net.id

PT. Rahajasa Media Internet (RadNet)
Plaza 89, 6th Floor, Suite 601
Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. X-7 No. 6, Jakarta 12950, Indonesia
Telpn: 021 2526363
Fax: 021 2524777
Email: sales@rad.net.id
Website: http://www.rad.net.id

IBM Global Network Internet Service Provider (IBM Net)
Landmark Center I, 32nd FI
Jl. Jendral Sudirman No. 1, Jakarta 12190
Telpn: 021 5238128 Fax: 021 5223432 E-mail: jakarta@ibm.net
Website: http://www.ibm.net.id

PT. IndoInternet (IndoNet)
Graha BIP (d/h Plaza Kanindo) Lantai Dasar
Jl. Gatot Subroto Kav. 23 Jakarta 12930 - Indonesia
Telpn: 021 5271845
Fax: 021 5271850
E-mail: sales@indo.net.id
Website: http://www.indo.net.id

Wasantara Net (Divisi TSI Pos Indonesia)
Jl. RE Martadinata 21 Bandung 40115 - Indonesia
Telpn: 022 436479, 022 434537
Fax: 022 441292
E-mail: sales@wasantara.net.id
Website: http://www.wasantara.net.id

Demikian, semoga bermanfaat bagi kalian.

Baca Juga Artikel Terkait







Tinggalkan Komentar



1 Respones to "Memilih Internet Service Provider (ISP) Yang Baik"

ISP Company said...

terima kasih informasinya, :)


2:36 PM

Post a Comment

Previous Article Next Article
Home