BBM : D55 CB 98A
WA : 0853 2023 77xx
info@frosid.com

Big Bang : Prinsip-prinsip Pokok Kesuksesan Dalam Bisnis



Ketika Anda merasa bahwa jalan pikiran buntu. Atau ketika Anda merasa lelah dengan berbagai tumpukan 'beban' pekerjaan dan ketika Anda merasa mati kutu dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat; maka saat itulah membutuhkan suatu tindakan yang luar biasa dalam perjalanan karir bisnis Anda.

Puluhan tahun lalu, saat masih duduk dibangku sekolah, guru fisika mengatakan bahwa lahirnya sebuah tata kehidupan di bumi yang saat ini dihuni lebih dari 20 milyar manusia berawal dari sebuah peristiwa yang menakjubkan yaitu Big Bang. Begitu pula halnya jika Anda menginginkan peristiwa menakjubkan yang sama dalam bisnis, maka mengapa tidak mencoba melakukan Big Bang dalam terobosan-terobosan usaha Anda. Sehingga Anda merasakan perubahan yang sangat signifikan dalam mendesain ulang rencana usaha.

Apa saja yang diperlukan untuk melancarkan Big Bang?
Setidaknya ada tiga prinsip pokok yang menjadi landasan.

  1. Rubah Rutinitas
  2. Mulai saat ini ubah rutinitas "superman" Anda menjadi "superteam". Jangan lupa bahwa sehebat apa pun seseorang, tetap saja yang namanya kekurangan, keterbatasan dan kelemahan masih melekat pada dirinya. Saya banyak melihat dan menemukan bahwa perusahaan-perusahaan yang bertaraf '5A 1' rate (ukuran tinggi kinerja usaha) dalam Bursa saham dunia ternyata mereka adalah superteam company.

  3. Ganti Pola Hubungan
  4. Mengganti pola hubungan antar bisnis dari pendekatan competition menjadi co-opetition. Dengan memosisikan para competitor sebagai musuh, berarti mengumpulkan daya kreativitas dan inovasi. Di samping itu, dapat mempersempit ruang peluang usaha dan pengembangan jaringan pemasaran. Prinsip co-opetition adalah konsep yang memadukan dua kata, yaitu kompetisi dan kooperasi. Intinya, bagaimana bersaing dalam kerjasama dan bekerjasama dalam persaingan. Contoh, co-opetition yang paling fenomenal adalah kisah co-opetition antara Intel Pentium dan Microsoft Windows. Bisa dilihat, ternyata lompatan bisnis dari salah satunya mampu mendongkrak bisnis lainnya. Terbukti saat ini keduanya telah menjadi raja di bidang masing-masing: raja software dan raja mikroprosesor.

  5. e-Business
  6. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini, perkembangan dunia IT (Information Technology) begitu luar biasa. Dalam sebuah survei dikatakan bahwa pada kurun waktu sepuluh tahun terakhir telah terjadi lonjakan pengguna internet di seluruh dunia 200 kali lipat. Bisa dibayangkan, dengan sentuhan jari dan satu klik, maka pada saat yang bersamaan Anda telah melakukan perjalanan bisnis mancanegara. Cukup dengan 1 klik, dapat tercipta jaringan distribusi dan pemasaran di seluruh dunia. Bahkan dengan 1 klik, mampu meraup transaksi ratusan atau milyaran dalam kisaran menit. Sangat fantastis.

Siapkan diri dan usaha Anda memasuki Era Big Bang dan jangan kaget jika Anda mendapatkan keajaiban bisnis setelah membaca tulisan ini. Let's Go Big Bang.


Tulisan ini merupakan makalah seminar "Going To Be Richest" Reza M Syarief, M.A., M.B.A (Motivator dan Rais 'Aam Majlis An-Nubuwwah Indonesia) yang diselenggarakan LP2ES Kopontren Daarut Tauhiid, di Pesantren Daarut Tauhiid Bandung.

Baca Juga Artikel Terkait







Tinggalkan Komentar



0 Respones to "Big Bang : Prinsip-prinsip Pokok Kesuksesan Dalam Bisnis"

Post a Comment

Previous Article Next Article
Home